Pelatihan RPP dan Ice Breaking

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung mengadakan Pelatihan RPP dan Ice Breaking dengan tema “Mengembangkan Jiwa Kreatif dan Inovatif Mahasiswa Menuju Pendidik yang Berkompeten” yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 1 Agustus 2022. Pelatihan RPP dan Ice Breaking diikuti oleh mahasiswa PGMI semester 1-5.

Pelatihan dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan diawali oleh sambutan Koorprodi PGMI, Bapak Dr. Adi Wijayanto. Beliau menyampaikan arahan dan harapan, “Semoga pelatihan RPP dan Ice Breaking dapat memberikan ilmu dan keterampilan kepada mahasiswa untuk menjadi pendidik yang lebih berkompeten”.

Materi pertama disampaikan oleh Septianingrum, M.Pd. terkait dengan pembuatan RPP sebagai acuan pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Beliau menyampaikan bahwa RPP merupakan dokumen yang berisi rencana pembelajaran yang akan dilakukan selama satu kali pertemuan, satu semester atau lebih. Dengan adanya RPP dapat mempermudah jalan pembelajaran menjadi lebih sistematis, mudah dalam menyampaikan materi, menganalisis keberhasilan siswa, dan mudah dalam mengevaluasi pembelajaran. Beliau juga menyampaikan komponen RPP, langkah-langkah menyusun RPP, dan hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun RPP. Setelah penyampaian materi yang pertama selesai, kemudian dibuka sesi tanya jawab dengan pemateri dan dilanjutkan penyampaian materi yang kedua.

Materi kedua disampaikan oleh Dr. Hj. Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I. terkait dengan Ice Breaking dalam pembelajaran. Beliau menyampaikan bahwa penggunaan Ice Breaking dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di dalam maupun di luar kelas. Ice Breaking dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa, mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran, menghilangkan kejenuhan, serta membuat siswa menjadi lebih fokus. Beliau juga menyampaikan tips dan cara dalam melakukan Ice Breaking. Pemateri dan mahasiswa bersama-sama mencoba melakukan Ice Breaking dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Antusias mahasiswa dalam pelatihan RPP dan Ice Breaking ini sangat luar biasa.

Setelah sesi penyampaian kedua materi telah selesai, peserta diberi tugas untuk membuat RPP dan video Ice Breaking yang nantinya akan dinilai oleh pemateri. Acara pelatihan RPP dan Ice Breaking ini berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Antusias mahasiswa dalam acara pelatihan ini sangat luar biasa. “Pelatihan RPP dan Ice Breaking ini sangat bermanfaat bagi saya dalam memahami bagaimana dalam pembuatan RPP dan melakukan Ice Breaking dengan baik”, ujar Wahab salah satu mahasiswa PGMI yang menjadi peserta dalam pelatihan. Harapannya, dengan adanya pelatihan RPP dan Ice Breaking dapat memberikan ilmu, keterampilan, dan pengalaman kepada mahasiswa khususnya dalam membuat RPP sebagai acuan melaksanakan pembelajaran dan melakukan Ice Breaking sebagai bekal untuk kedepannya.