Pendekatan TPACK dalam Paradigma Pembelajaran Era 5.0

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung mengadakan seminar pendidikan dengan tema “Pendekatan TPACK dalam Paradigma Pembelajaran Era 5.0”, pada tanggal 28 November 2022 di Aula Perpustakaan UIN SATU Tulungagung yang diikuti oleh mahasiswa PGMI.

Seminar ini dimulai pada pukul 08.00 WIB, dibuka dengan penampilan tari yang dibawakan oleh mahasiswa PGMI. Dilanjutkan dengan opening ceremony, kemudian sambutan oleh Koorprodi PGMI, Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Beliau memberikan arahan dan harapan, “Semoga seminar pendidikan ini dapat memberikan pengalaman dan ilmu kepada mahasiswa PGMI dalam menghadapi paradigma pembelajaran era 5.0 yang memerlukan penguasaan konten, pedagogi, dan teknologi”. Selanjutnya sambutan dilanjutkan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. Muniri, M.Pd. Beliau memberikan apresiasi terhadap antusias mahasiswa PGMI dalam mengikuti seminar pendidikan ini.

Materi dalam seminar pendidikan ini disampaikan oleh Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I., dosen program studi PGMI dan dimoderatori oleh Difa’ Kinensa Aryantika, salah satu mahasiswa PGMI. Dalam seminar ini disampaikan bahwa paradigma pembelajaran di era 5.0 harus memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran sebagai tantangan belajar yang baru. Hal ini yang kemudian menuntut pendidik untuk memiliki kemampuan menggunakan pembelajaran berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). TPACK merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan tiga komponen, yaitu teknologi, pedagogik, dan konten pembelajaran.

Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. menyampaikan implementasi pendekatan TPACK, “Pendidik yang mampu mengintegrasikan bagaimana proses mengajar dapat berjalan dengan baik, mengetahui konten yang akan diajarkan, dan bagaimana menggunakan teknologi sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan sehingga proses pembelajaran akan terintegrasi dengan seluruh aspek”. Kesimpulan dari seminar pendidikan ini yaitu, pendekatan pembelajaran berbasis TPACK merupakan sebuah pendekatan yang dikembangkan untuk menjelaskan seperangkat pengetahuan yang dibutuhkan oleh pendidik untuk mengajar secara efektif dengan menggunakan teknologi yang sangat relevan dengan pembelajaran di era 5.0.

Setelah penyampaian materi selesai, kemudian dibuka dengan sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi secara langsung dengan pemateri. Sehingga mahasiswa bisa bertanya apa yang belum dipahami. Acara seminar pendidikan ini berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Begitu juga dengan antusias mahasiswa dalam seminar ini sangatlah luar biasa.

“Seminar pendidikan ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai mahasiswa, yang nantinya akan menjadi pendidik sehingga kami mengetahui persiapan apa yang perlu dilakukan untuk menghadapi pembelajaran pada era 5.0”, ujar Febri salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan seminar. Harapannya seminar pendidikan yang diadakan ini dapat memberikan, pengalaman, ilmu, dan motivasi kepada mahasiswa PGMI khususnya dalam mempersiapkan diri sebagai pendidik di masa depan.