Workshop (Pengembangan Inovasi Media Pembelajaran Digital Berbasis Problem Based Learning pada Madrasah Ibtidaiyah)

Workshop Nasional yang dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Mei 2024 dengan mengusung tema “Pengembangan Inovasi Media Pembelajaran Digital Berbasis Problem Based Learning pada Madrasah Ibtidaiyah “. Dalam workshop kali ini menghadirkan Bapak Hendri Purbo Waseso, M. Pd, I koorprodi dari UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Sebagai pemateri 1. Menghadirkan juga Bapak Tri Widodo, S. T., M.Kom. kaprodi dari Universitas Teknologi Yogyakarta sebagai pemateri 2.

Acara dibuka oleh MC dilanjutkan dengan menyayikan lagu Indonesia Raya dan Mars UINSATU. Kemudian sambutan oleh Bapak Dr. Sutopo, M. Pd. selaku Dekan FTIK UINSATU.

Pemateri pertama dimulai oleh Bapak Hendri Purbo Waseso, M. Pd, I, yaitu tentang Problem Based Learning. Problem based learning merupakan model pembelajaran yang menuntut aktivitas mental siswa untuk memahami suatu konsep pembelajaran melalui situasi dan masalah yang disajikan pada awal pembelajaran dengan tujuan untuk melatih siswa menyelesaikan masalah.

Problem Based Learning penting karena berdampak pada tumbuhnya keterampilan pada siswa yaitu creative thinking, critical thinking and problem solving, communication, dan collaboration

Acara selanjutnya penyampaian materi kedua oleh Bapak Tri Widodo, S. T., M.Kom. mengenai “Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik Menggunakan Artificial Intelligence (AI)”.

Artificial Intelligence (AI) adalah sebuah sistem kecerdasan manusia yang memungkinkan seperangkat sistem komputer atau mesin lainnya dapat berpikir dan bekerja layaknya manusia. AI banyak dimanfaatkan dalam berbagi bidang contohnya seperti filter instagram, game online, GPS navigation. AI juga dimanfaatkan pada media pembelajaran.

Setelah penyampaian materi selesai kemudian dilanjutkan dengan peserta membuat desain berupa video seperti apa yang sudah dicontohkan oleh pemateri kedua. Kemudian setelah seleai mendesain, salah satu peserta diminta untuk mendemonstrasikan hasil desainnya.

Dipengujung acara ada closing statment dari pemateri. “Nilai Keberanian itu Mahal, Maka Harus Berani untuk Mencoba hal-hal Baru. Jangan Takut oleh Tantangan yang Pertama Kali Anda Temui. Jangan Pernah Berhenti Berpikir dan Bekerja Keras”. Terakhir acara ditutup dengan sesi dokumentasi.