Penyusunan dan Sosialisasi Visi Keilmuan serta Tujuan Prodi PGMI

Mengacu pada Peraturan BAN PT Nomor 10 Tahun 2021 tentang Instrumen Akreditasi Program Studi pada Program Sarjana Lingkup Kependidikan, setiap Program Studi Kependidikan diharuskan memiliki visi keilmuan dan tujuan program studi yang sesuai dengan bidangnya. Joko Nurkamto, Ketua Akreditasi LAMDIK dalam kesempatan workshop akreditasi yang dilaksanakan oleh FTIK UIN SATU menyampaikan bahwa, visi keilmuan adalah cita-cita PS dalam mengkaji dan mengembangkan keilmuan tertentu yang menjadi unggulan dan penciri bidang keahlian PS tersebut untuk merespon perkembangan IPTEKS dan penerapannya dalam kemanfaatan masyarakat demi peningkatan kualitas hidup orang-orang yang ada di dalamnya, baik secara individu maupun secara kolektif.

Berdasarkan aturan tersebut, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) menyusun visi keilmuan dan tujuan PS sesuai dengan arahan dan ketentuan yang berlaku. Penyusunan dimulai dengan pembentukan tim penyusun oleh Dekan FTIK  Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Tim penyusun visi keilmuan dan tujuan PS ini terdiri atas 1 orang ketua yakni Dr. Adi Wijayanto, M.Pd., 1 orang sekretaris yakni Uswatun Hasanah, S.Pd.I., M.Pd., dan anggota yang terdiri dari dosen-dosen PSPGMI. Tim penyusun ini akan melaksankan tugas hingga ditetapkannya visi keilmuan dan tujuan Program Studi PGMI.

Pada tanggal 4 Februari 2022, tim penyusun mengadakan rapat koordinasi awal yang diagendakan mereview visi sebelumnya dan mengevaluasi dokumen terkait perumusan karakteristik visi keilmuan PS. Kegiatan ini kemudian ditindak lanjuti dengan koordinasi lanjutan untuk menyusun draft visi misi PS.

Tim penyusun mengundang seluruh dosen PGMI untuk hadir dalam penyampaian  draft visi keilmuan dan tujuan yang telah disusun dengan tujuan untuk memperoleh umpan balik dan masukan dari pihak intern dosen PGMI. Dalam kegiatan ini, draft visi keilmuan dan tujuan program studi yang sudah dirumuskan oleh tim penyusun dibahas bersama dan direvisi pada beberapa bagian, namun tidak mengubah substansi inti dari draft sebelumnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png

Revisi draft rumusan visi keilmuan dan tujuan PS tersebut kemudian dibahas dalam rapat lebih luas yang melibatkan dekan, wakil dekan, pimpinan fakultas lainnya, dosen PS, perwakilan mahasiswa, alumni, dan mitra pengguna pada tanggal 7 April 2022. Dalam kegiatan ini, tim penyusun menyampaikan proses perumusan visi keilmuan dan tujuan PS serta hasil yang diperoleh untuk dicermati bersama dan disempurnakan berdasarkan masukan dari berbagai pihak.

Berdasarkan hasil rapat tersebut, tim penyusun menyempurnakan visi keilmuan, tujuan, dan strategi pencapaian tujuan PS. Selanjutnya, hasil perumusan visi dan tujuan PS tersebut diserahkan kepada pihak fakultas untuk diarsipkan dan diimplementasikan dalam bentuk banner dan poster di ruangan kelas. Visi keilmuan dan tujuan program studi PGMI  selanjutnya disosialisasikan dalam kegiatan PBAK, kegiatan awal semester, dan berbagai media antara lain website resmi prodi, banner, dan media elektronik lainnya. (timpgmi)