Dr. Pramono: Dalam pendidikan awal, memahami perkembangan motorik anak sangatlah penting

Pada tanggal 23 Mei 2023, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menyelenggarakan kegiatan istimewa dengan mengundang Dr. Pramono, S.Pd., M.Or, dari Universitas Negeri Malang sebagai Dosen Tamu.

Kegiatan tersebut bernama, Seminar Nasional yang bertema “Pendampingan Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik Anak Usia Sekolah Dasar”, yang dilaksanakan di Aula Lt. 5 Gedung Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Dr. Pramono merupakan pakar dalam bidang pertumbuhan dan perkembangan motrik dengan fokus keahlian pada aspek tersebut di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD). Kehadirannya dalam kegiatan ini bertujuan untuk mendalami pemahaman mahasiswa terkait pentingnya pertumbuhan dan perkembangan motorik pada tahap awal pendidikan.

Dalam suasana interaktif, Dr. Pramono membahas berbagai aspek kunci terkait pertumbuhan dan perkembangan motorik pada anak usia dasar. Diskusi mencakup strategi-strategi praktis untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan merangsang perkembangan motorik pada siswa MI/SD.

“Dalam pendidikan awal, memahami perkembangan motorik anak sangat penting. Hal ini menjadi landasan bagi proses belajar mereka di masa depan”, ungkap Dr. Pramono, menekankan pentingnya peran guru dalam memahami dan membantu perkembangan anak.

Antusiasme para mahasiswa dan dosen PGMI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung sangat terlihat pada kegiatan kali ini. Diskusi yang berlangsung memberikan wawasan lebih luas tentang bagaimana pendidik dapat memberikan pengaruh positif dalam perkembangan motorik pada siswa.

Harapannya, pengetahuan yang diperoleh dari interaksi dengan Dosen Tamu ini akan membantu mahasiswa PGMI untuk lebih memahami pentingnya perkembangan motorik pada anak usia dasar, sehingga mereka dapat menjadi pendidik yang lebih efektif di masa depan.

Kehadiran Dr. Pramono sebagai Dosen Tamu adalah bagian dari upaya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung untuk terus memberikan wawasan yang bermanfaat dan relevan bagi mahasiswa, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di tingkat MI/SD.