Dr. Andi Asrifan: Kemampuan berbahasa Indonesia yang baik sangat penting dalam proses pendidikan

Pada tanggal 23 Mei 2023, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengadakan kegiatan istimewa dengan mengundang Dr. Andi Asrifan, M.Pd. dari Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang Sulawesi Selatan sebagai Dosen Tamu.

Kegiatan tersebut bernama, Seminar Nasional yang bertema “Pendampingan Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik Anak Usia Sekolah Dasar”, yang dilaksanakan di Aula Lt. 5 Gedung Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Dr. Andi Asrifan, dikenal sebagai pakar dalam bidang linguistik dengan fokus keahlian pada Keterampilan Berbahasa Indonesia untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD). Kehadirannya dalam acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan lebih mendalam terkait kemampuan berbahasa Indonesia bagi calon pendidik.

Dalam sesi interaktif yang penuh semangat, Dr. Andi Asrifan membahas berbagai strategi dan teknik untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia bagi siswa MI/SD. Pada sesi diskusi meliputi; bagaimana cara-cara praktis dalam pengajaran dan pembelajaran yang dapat membantu siswa menguasai bahasa Indonesia dengan lebih baik.

“Kemampuan berbahasa Indonesia yang baik sangat penting dalam proses pendidikan. Seorang pendidik harus mampu memberikan pemahaman yang jelas dan efektif kepada siswa,” papar Dr. Andi Asrifan.

Antusiasme para mahasiswa dan dosen PGMI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dalam kegiatan seminar nasional ini sangat terlihat. Diskusi yang berlangsung memberikan wawasan yang lebih luas mengenai berbagai teknik pengajaran yang dapat diterapkan dalam lingkungan pendidikan MI/SD.

Harapannya, pengetahuan yang diperoleh dari interaksi dengan Dosen Tamu ini akan membantu mahasiswa PGMI untuk mengembangkan keterampilan berbahasa Indonesia yang lebih baik dan benar, sehingga mereka dapat menjadi pendidik yang efektif dan berkualitas di masa depan.

Inisiatif Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dalam mengundang para ahli seperti Dr. Andi Asrifan adalah bagian dari komitmen mereka untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memberikan wawasan terkini kepada mahasiswa, khususnya dalam konteks keterampilan berbahasa Indonesia di tingkat MI/SD.